• put your amazing slogan here!

    Peranan Penting Estetika dalam Desain



    Menurut Widagdo, Estetika memiliki arti dan peranan penting dalam membantu proses sebuah desain. Berikut pendapat Widagdo :
    •Tanpa estetika desain hanyalah sebatas informasi yang dilihat namun tidak memiliki kesan.
    •Desain yang baik akan selalu memperhatikan nilai estetika dari lingkungan tempat karya desain tersebut berada
    •Desain selalu mengacu pada estetika. Ia tidak semata berkenaan dengan persepsi visual- fisikal saja, namun mencakup konsep yang abstrak, yakni: yang benar, teratur, dan berguna.
    •Estetika memperoleh tantangan ketika modernisme memilah antara “kegunaan” dan “estetik”, sebagaimana antara desain dan seni.

    Untuk apa kita mengenal Estetika?

    a.Pertama, karena karya-karya seni dan desain yang alami maupun yang buatan begitu berharga sehingga dipelajari ciri-ciri khasnya demi karya seni dan desain itu sendiri.
    b.Kedua, ia mesti berpendapat bahwa pengalaman estetika (pengalaman mengenai karya seni dan desain) itu begitu berharga baik untuk kelompoknya maupun masing-masing anggotanya sehingga karya seni dan desain itu mesti dipelajari.
    c.Ketiga, mungkin dikira bahwa pengalaman ini begitu bernilai pada dirinya sendiri sehingga membutuhkan pengujian dan penelitian mengenai kualitas-kualitas karya seni dan desain itu


    0 komentar:

    Posting Komentar

     

    Meet The Author

    Experience

    About Me